Kenapa Menulis?

9:26:00 PM

Woops, hello good reader, jumpa lagi kita kali ini dan semoga masih pada sehat walafiat semua ya, aku nulis blog ini dalam suasana UTS, tapi ntah kenapa mau buka buku baca baca tentang materi malah gak ngerti, bukan gak ngerti karena gak bisa mencerna, tapi buku bacaan buat materi besok yang gak ada, akhirnya aku coba buka buku catatan kali aja nemu bahan yang mau di baca, ternyata aku keliru, catetan kuliah aku isinya sajak sajak yang aku tulis waktu ngantuk denger omongan dosen, ntahlah mau jadi apa aku besok, masuk ke jurusan politik tapi males ngurusin politik bahkan gak mau ngurusin, sukanya sastra tapi kaga masuk jurusan sastra, yah namanya hidup, ada khilafnya, dan buat kalian yang UTS juga semoga lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Aamiin.

Oke, kali ini aku bakal ngomongin apa yang jadi judul diatas, kenapa aku suka banget sama yang namanya nulis, apa arti menulis bagi aku, dan mungkin tulisan aku ini gak terlalu panjang banget, oke lets start!

Menulis, bagi aku menulis itu kaya tidur, kebutuhan yang gak bisa lepas, aku mulai nulis itu awalnya dari iseng iseng doang, tapi lama lama keasikan, dari mulai nulis yang gak penting di buku catatan sekolah paling belakang, sampe akhirnya mulai nulis di dunia maya kaya gini. 
Buku novel, cerpen, roman juga makin buat aku cinta dengan yang namanya menulis, ya, aku gak bisa pungkiri itu, buku itu memang jendela dunia, tapi ntah kenapa hanya buku buku kaya gitu yang bisa jadi motivasi aku, buku buku yang berbau inspiratif dengan penulisan kata sederhana lebih nikmat dibaca ketimbang buku bacaan tentang politik yang serius dengan penulisan kata yang ribet dan bikin otak aku kusut. 

Awalnya juga aku nulis bukan buat jadi bacaan orang lain, jadi bacaan sendiri aja, tapi lama lama aku sadar, aku suka membaca tulisan orang dan akhirnya terinspirasi, akhirnya ada timbul rasa pingin tulisan sendiri jadi inspirasi banyak orang, ya mungkin aku gak bisa nulis novel atau roman kaya penulis penulis besar favorite aku seperti Emha Ainun Najib, Joko Pinurbo, Dewi Lestari, Pramoedya Ananta Toer, Pidi Baiq, Sapardi Djoko Damono, Aan Masyur, tapi bagi aku menulis bukan soal kita harus bisa bikin sebuah buku dulu baru menulis. Tidak, bagi aku menulis itu soal keberanian, berani memulai, tidak perduli mau lewat media apa, yang penting berani menulis dulu. 

Menulis itu bagi aku menciptakan mesin waktu, mesin waktu yang dapat membawa manusia kembali ke masa lampau, mungkin kalian tidak percaya, tapi pikirkan sejenak, kalian tulis sesuatu pada saat ini dan kelak anak cucu kalian membacanya, mereka pasti bisa ikut merasakan tulisan kalian pada saat ini, dan mereka tak kan bisa membaca itu jika kalian tidak menulis. Itulah mengapa bagiku membaca berarti menjelajahi waktu sedangkan alat untuk menjelajahi itu adalah sebuah tulisan.

Menulis juga memberikan banyak manfaat, dengan menulis kalian bisa menjadi lebih bijak menyikapi hidup, tsah ngeri kali bahasa aku, tapi memang iya, aku kasih contoh, kalian patah hati sama pasangan kalian, kalian sakit hati, kalian marah, kalian kecewa, kalian sedih, gak nafsu makan bawaannya nangis mulu atau mungkin pingin teriak teriak, daripada ngabisin tenaga kaya gitu, mending kisah kalian ditulis, setelah kalian tulis kalian baca lagi, pasti kisah itu menarik, dan hal yang negatif bisa jadi hal yang positif..

Menulis juga gak perlu serius serius amat, kalian bisa mulai dari hal apa aja, dari kisah kalian dulu masih kecil, kisah gimana orang tua kalian bisa ketemu dulu, ngomentarin gaya hidup jaman sekarang, semua bisa jadi bahan tulisan, gak ribet, intinya ada pada diri kalian sendiri, kalian berani memulai hal baru atau tidak.
Oh iya, mungkin banyak yang gak mau mulai nulis karena takut dibilang sok sok an sama temen kalian, aku kasih tau deh, kalian gak perlu takut sama omongan kaya gitu, omongan yang buat kalian gak berkembang, dan mereka yang berkomentar begitu pada kalian belum tentu bisa melakukan apa yang kalian lakukan.

                    

Yaps, mungkin cuman itu ajadeh yang aku tulis kali ini, intinya aku nulis ini cuman pingin kalian juga menulis, menulis apapun hal yang kalian suka, walau aku juga masih belajar, setidaknya kelak kita bisa saling tukar pikiran. Ingat, kita gak perlu bisa jadi penulis sebuah buku dulu baru mulai menulis, berkarya bisa lewat media apa saja sekarang, dan senang bisa membaca karya karya kalian.

Mohon maaf kalau ada salah salah kata, tulisan diatas murni pemikiran sendiri, jangan lupa tinggalin jejak lewat comment, terserah kalian mau comment apa aja, kritik dan saran kalian sangat berguna, oh iya, kalau kalian punya blog juga, jangan sungkan ya tulis link blog kalian di comment, aku tunggu!

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar