Sekolah Menengah Atas

10:45:00 PM

Woooooops, long time no cuap cuap beybeh nih, piye kabare? semoga pada baik baik aja deh ya kalian semua. Nah, kali ini kita bakal ngomongin tentang Sekolah Menengah Atas alias SMA, kenapa aku pingin nulis tentang ini? karena bentar lagi adik adik yang SMA bakal menempuh Ujian Nasional, kita doakan semoga mereka semua lulus 100% dari sabang sampe merauke, sekaligus aku mau ngajakin kalian nostalgia sedikit tentang masa masa paling indah waktu kita hidup, masa yang gak akan terulang di kehidupan yang lain dan hanya berlangsung 3 tahun, tapi kalau kalian lebih dari 3 tahun, ya berarti kalian dapet bonus hahahaha.


Masa SMA penuh dengan kisah yang gak akan kita lupain, baik dari kisah pertemanan, percintaan, pertengkaran, dan macem macem deh, dibawah ini aku bakal nulis hal hal apa aja yang bakal kita kangenin sekaligus gak akan kita dapetin begitu kita lulus atau sudah kuliah, oke mari kita mulai.

Solidaritas Pertemanan

Solidaritas adalah hal yang gak akan kita lupain di masa masa ini, rasa solidaritas masa SMA jauh beda di masa masa SMP bahkan SD, di SMA rasa solidaritas itu bener bener ada. Contohnya, kalau kamu kena masalah, itu temen sekelas pasti pada ngebela, tapi kalau kamu orangnya banyak gak disenengin orang, ya harap maklum kalau temen temen kamu pada diem aja pas kamu kena masalah, dan juga kalian pasti pernah denger slogan entah dari jaman kapan yang bunyinya.
"Masuk bareng, keluar harus bareng"
Ya, slogan keramat itu mungkin pas Soekarno masih SMA udah ada. Kalau pas SMA kamu itu manusia yang bisa dikatan otaknya setengah, nih slogan sakral pasti kamu pake buat nakut nakutin temen yang pintar biar ngasih jawaban pas UN, contoh percakapannya gini nih.

"Eh, ntar pas UN Matematika bantuan aku ya, please banget deh.."
"Iya, tapi aku gak janji ya."
"Iya, tapi kamu harus inget kita masuk bareng bareng keluar juga harus bareng!!!"
 Ngomong dengan action mata melotot tapi tetap nunjukin muka belas kasihan.
"Iya aku bantuin pasti."
 Mendengar kamu ngomong gitu, dia pasti IBA dan bakal bantuin kamu.

Itu asli kejadian tanpa rekayasa, ya gimana gak rekayasa, yang ngancem aja aku yang nulis blog ini, tapi memang mungkin kalimat itu bakal ada sampe anak cucu kita nanti. Biarlah, biar kalimat itu tetap ada untuk membantu para siswa siswi berotak setengah, dan kalau udah kuliah kita gak akan ada lagi nemu slogan ini, anak anak otak encer biasanya sudah memulai mencari teman teman yang otaknya encer juga buat diajak lulus 3,5 tahun dan buat kamu yang otaknya setengah mending gigit tali sepatu aja daripada maksa lulus 3,5 tahun.

Guru

Nih dia nih, seseorang tanpa tanda jasa yang memberikan ilmu di masa masa kita menempuh pendidikan. ada 3 hal guru yang gak akan dilupain sama murid muridnya.

Pertama. Guru favorite, nih guru biasanya paling ganteng atau paling cantik, care sama murid murid mau dari yang baik ampe yang badung, jarang kasih nilai jelek, jadi lahan curhat para siswi berhati labil, bisa diajakin becanda, dan yang terpenting doi jiwa muda.

Kedua. Guru killer, guru killer pasti gak akan bisa kalian lupain, dari raut muka dan suaranya yang bisa bikin hati kaya kesamber gledek, keringetan bahkan bikin kalian berasa pingin pindah sekolah atau putus sekolah sekalian, biasanya yang kaya gitu cuman anak anak yang bisa dibilang badung pas masa sekolahnya, maklum sekali nakal nih guru bakal mata matain kamu dari begitu masuk sekolah ampe keluar sekolah.

Ketiga. Guru cabul, nih die guru yang gak akan dilupain dari para murid muridnya terutama para siswi, dikelas biasanya siswi bohay dikit langsung jadi inceran doi, kalau lagi dikasih latihan yang bohay selalu didatengin, dielus elus bahunya, ditanya tanyain bisa apa enggak ngerjainnya. Serius, guru kaya gini ada pas jaman aku sekolah, entah apa yang ada dipikiran dia elus elus bahu siswi kaya gitu, mungkin maksud dia mau merangsang, yang ada malah jijik tuh siswi, dan bagi siswi yang badannya kaya triplek pembatas kamar kost, ada keuntungannya, doi gak akan ngeraba kamu, palingan lirik doang, abis itu udah kamu dibiarin dirubung lalat.

Kantin

Kalian bakal ngerinduin apapun yang ada disini, dari makanannya, penjualnya, ampe pembantu cuci piringnya sekalian, gak usah muluk muluk, kalau kalian mau maen maen ke sekolah bareng temen temen kalian yang udah pada lulus pasti agenda wajibnya nyicipin makanan kantin favorite kalian, bulshit kalian ke sekolah cuman mau salam salam guru, salam salam ntar aja kalau masuk TV.
Ibu atau Bapak kantin juga kadang jadi lahan ngutang buat anak anak cowo yang dikasih uang jajan malah abis buat beli tembakau, modal akrab setaun bisa ngutang ampe lulus bahkan ampe dia masih hidup kamu bakal dia inget, ya gimana gak inget kamu aja ngutang mulu dikantinnya.

Upacara Bendera

Upacara bendera jadi salah satu hal yang bakal kita kangenin, memang sih upacara bendera gak cuman pas SMA aja, dari SD juga udah upacara bendera. Tapi, pas SMA ini upacara bendera bakal jadi upacara bendera yang menurut aku paling klimaks dan gak akan pernah didapetin lagi, buat kalian yang cinta mati sama upacara bendera, jangan harap di kuliah nanti bakal dapat ngerasain upacara, kalau kalian masih mau ngerasain mending masuk ke Intansi yang berbasis kemiliteran deh atau yang ikatan dinas dengan pemerintah, biasanya nih upacara masih berlaku tiap senin pagi. Upacara bendera masa SMA pasti aku jamin banyak hal hal yang kalian kangenin, dari mulai nyari barisan yang terlindung dari sinar matahari, atau disebelah gebetan biar tetap semangat upacaranya walau badan udah mandi keringat, atau buat yang otak otak cabul bisa berdiri disebelah cewe yang berbody bohay aduhay bajay, biar bisa "Intelek" pas hormat bendera, nah kalian pasti nanya kan apa itu "Intelek"? Itu singkatan cuy, yang artinya "Intip T*t*k Lewat Ketek" hahahaha, biasanya para siswa cabul otak seperempat pada rebutan nih cari posisi tempur terbaik.

Saat upacara bendera juga biasanya banyak yang pingsan beneran dan juga bohong bohongan, ntar pas udah sampe UKS dikasih teh anget langsung udah bisa marathon keliling kota, ada juga yang sok kuat padahal muka udah putih pucat kaya mayat, disuruh ke UKS, tapi sok tegar, ujung ujungnya malah pingsan ampe pulang sekolah, pokonya aneh aneh deh soal upacara bendera masa SMA ini.

Teman Lekong

Bulshit kalau pas SMA kalian gak punya temen lekong, biasa doi terkenal dari seangkatan ampe adek kelas, biasanya juga jadi bahan candaan siswa siswa otak setengah, doi kalau ditanya suka cewe apa cowo pasti jawabnya cewe tapi abis jawab gitu besok bibirnya bisulan, ntahlah mungkin dia berdusta sama hatinya makanya numbuh bisul, doi juga sering nimbrung di kumpulan siswi siswi lain buat ngikutin perkembangan gosip di sekolah, jadi kalau kalian mau tau gosip seputar sekolah nanya aja ama doi, biasa lekong asal ceplos aja, gak ada dalam kamus mereka jaga rahasia, diajak gosip langsung aja gaspol hahaha.

Satpam

Satpam adalah orang yang hanya bisa bersahabat sama anak anak otak setengah, biasanya anak anak otak setengah suka nongkrong bareng ngajakin ngopi dan nger...asudahlah, biar kalau cabut atau terlambat doi bisa bantuin, jadi kalau dibilang satpam itu lebih pro ke anak anak otak setengahh itu wajar, selain hanya anak anak otak setengah yang jago ngerayu, nih satpam juga punya tekanan batin sama guru guru sekolah, biasanya doi bales dengan ngebantu anak anak otak setengah kalau mau buat masalah, kaya cabut sekolah, misi keluar sekolah buat nger....asudahlah di warung belakang sekolah.
Tapi ada juga satpam yang gak pro sama anak anak otak setengah, baisa ini satpam cita citanya tentara, tapi kaga kesampean jadinya lampiasin ke anak anak otak setengah.

Toilet

Toilet adalah tempat penuh dosa, tempat penuh fitnah dan berbagai macam hal hal buruk lainnya,kenapa aku bisa bilang giitu? karena nih tempat emang kaya gitu, biasanya anak  anak otak setengah yang make buat hal yang tidak tidak, dan yang paling kasihan dari toilet sekolah adalah doi menjadi tempat fitnah, bagaimana tidak, kalian laper pas pelajaran pasti lapor guru bilang izin ke toilet, padahal kantin, kalau saja toilet bisa bicara di akhirat nanti, mungkin dosa mu sudah banyak terhadapnya, dan kalau saja dia benda hidup, mungkin dia masuk surga tanpa harus melewati jembatan sirotol mustakim, karena dia selalu disakiti tapi tetap diam, sungguh mulia toilet ini.

Razia

Razia adalah hal yang paling dibenci sekaligus dikangenin dari pada siswa siswi masa SMA dulu, ada beberapa hal jenis razia yang di takuti para siswa siswi ini, oke kita mulai.

Razia rambut. Hal ini adalah hal yang paling mengesankan khususnya buat para siswa siswa otak setengah yang kebelet gondrong, rela kaga potong rambut sebelum di potong guru, tapi walau dipotong guru, kesannya asik aja gitu, karena dipotongnya rame rame, biasanya razia ginian dilakukan pas abis upacara pagi, atau pas kalian terlambat masuk sekolah dan dikumpulin di ruang pengajaran dulu buat di data, pas waktu itu tuh kalian pada di cek abis abisan, nah biasanya anak anak otak setengah feelingnya kuat nih soal ada razia apa kaga, tapi tetap aja percuma, biasanya selagi sekolah kalian negri, gondrong itu cuman mimpi semata sob. Nikmatin aja, ntar pas kuliah mau gondrong sampe jempol kaki juga gak ada yang ngatur sob haha.

Razia Handphone. Ini razia kedua yang ditakuti seluruh siswa siswi seantero Indonesia, yang siswa hpnya nyimpen video Oom_Nakal.3gp pada keringetan menggigil, chat ayah bunda sama pacar takut dibaca guru, pokonya pada takut deh kalau soal razia ini. Tapi, biasanya kalau razia begini yang jadi tumbal itu pasti kelas yang pertama kali di razia, selanjutnya? informasi nyebar ke seluruh kelas, dan hp pada disembunyiin diteampat tempat tersembunyi dan kadang terlarang, ada yang di loteng kelas, dalem helm, dalem baju dan letaknya ya kalian pasti pada tau lah ya hahaha, yang ketangkep hpnya biasanya di sita ampe lulus, atau kadang cuman seminggu kalau gak ada hal hal mencurigakan.

Razia Seragam. Nah yang ini juga jadi hal yang menyebalkan khususnya para siswi siswi sosialita, dikasih rok model gombrang kaya zaman siti nurbaya, tapi pingin modern jadinya di modif abis jadi ketat ampe bentuk sempaknya keliatan jelas, jujur kadang nih siswi siswi soasilita kaga mikir bentuk badan, mau gembrot ampe kurus kering tetep aja rok diketatin itu udah jadi hal wajib, gak cuman rok yang dimodifikasi, baju juga, di press abis ampe kalau tiap narik nafas tuh kancing lepas mulu. Biasanya sama guru guru cewe yang killer nih siswi sosialita roknya di sobek dari ujung kaki sampe dengkul, jadi bahan cibiran guru guru cewe juga, tapi gak apa, tanpa cewe sosialita masa SMA juga gak akan berkesan.

Cinta

Cinta masa SMA gak akan pernah kalian lupain, jatuh cinta dengan temen seangkatan, dengan adik kelas, kakak kelas, dengan guru, ibu kantin, satpam, mau itu cinta tersampaikan, tidak tersampaikan, bertepuk sebelah tangan, ditikung temen, semua bakal jadi hal yang gak akan kalian lupain.
Berangkat sekolah bareng, makan bareng, sekelas bareng, duduk bareng, tidur bareng, eh maksudnya kalau malem tidur dirumah masing masing dalam waktu yang bersamaan, jangan cabul kalian.
Pacaran sama temen sekolah itu udah biasa dengan yang namanya, pacar bekas temen, ya biasanya itu buat siswi yang berparas cantik, pacarnya gonta ganti mulu di sekolah, yang kasian si cowonya, begitu pacaran langsung di samperin dikatain "selamat sob, dapet bekas aku". Oke, itu lumrah.

Mungkin ada yang hubungannya dari SMA ampe nikah, ada yang cuman dari pagi masuk sekolah sampe pulang sekolah aja, yah jaman ini pokonya pacarannya beda dari yang lain deh, pikiran masih ditengah tengah alias labil, kalau putus bisa ampe males sekolah, bahkan pindah sekolah, aneh aneh deh efek cinta masa SMA, beda kalau pas kuliah, bawaannya dewasa, sangking dewasanya bawaanya pingin ngajak ke kosan aja, belajar bareng maksudnya, kan kan cabul lagi kalian, ketebak otak madesunya.
Pas masa ini walau kalian labil tapi kalian udah mulai ngerti apa itu pacaran, bagaimana saling mengenalkan dengan orang tua, cari cari muka ke keluarganya, main ke rumahnya, main ke kamarnya, loh loh loh kok kamar lagi nih, ya iyalah ke kamarnya mau liat liat doang, rapi apa kagak hahaha.

                             

 Itu beberapa hal yang menurut aku bakal kita kangenin di masa masa SMA, masa masa terbaik dalam hidup kita, masa yang gak akan bisa kita dapatin di kehidupan kehidupan kita yang menjelang dewasa ini, dari pertemanan bahkan cinta, semua kehidupan beranjak lebih serius begitu kita lepas dari masa ini, itulah kenapa terkadang kita harus berhenti sejenak menikmati keseriusan hidup ini, ingat bahwa kita punya kenangan manis di masa ini, kalian boleh mengingat kembali hal apa yang kalian lakuin waktu SMA dulu abis baca tulisan ini, mungkin gak semua tulisan aku disini menggambarkan masa SMA kalian, tapi setidaknya cerita kita sama, semuanya berakhir bahagia, ingatlah masa ini, aku jamin pasti kalian tersenyum layaknya aku ketika menulis tulisan ini begitu kalian mengenangnya.

Dan buat adik adik yang mau UN, semoga diberi kelancaran dan kemudahan. Ingat, hidup kalian dimulai setelah kalian lulus nanti, hidup penuh keseriusan, hidup yang tidak main main, tapi aku harap kalian tak perlu terlalu serius, memang hidup bukan permainan, tapi kadang kita butuh permainan buat menjalani hidup agar lebih berwarna, simpan hal hal baik yang kalian dapat di masa SMA, untuk dijadikan bekal menempuh kehidupan serius yang akan datang, dan yang buruk dibuang tapi tetap dikenang, karena buruk tak selamanya buruk, baik tak selamanya baik.

Oke, sekian dulu tulisan aku kali ini, ntar kalau ada waktu kita cuapcuap beybeh lagi ya.
Oh iya, jangan lupa comment buat kritik dan saran, masukan dari kalian sangat berguna buat aku, dan kalau kalian punya kenangan lebih tulis aja di comment nanti Insha Allah aku tambahin di post ini, atau kalau malu commend bisa langsung datengin aja aku ke kosan, tapi janji jangan khilaf ya hahaha.

See you, Wassalam.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Aku malu mau commend, langsung ke kosan kamu aja yaaahhh ☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha maen maen lah sini nduk, tak tunggu yo.

      Hapus